PENGEMBANGAN KARAKTER DAN PENGETAHUAN PARA PENGURUS DAN ANGGOTA MELALUI DIKLAT DASAR KOPMA FEB UNAIR TAHUN 2022

Koperasi Mahasiswa FEB UNAIR mengadakan acara pendidikan dan latihan dasar KOPMA FEB tahun 2022 dengan tema “Membentuk Solidaritas Kader Koperasi yang Bersinergi, Berkarakter, Serta Memiliki Jiwa Leadership, Guna Menciptakan Koperasi yang Unggul dan Adaptif”. Diksar dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 via online melalui zoom meeting serta dihadiri oleh sekitar 45 peserta dari pengurus dan anggota KOPMEB. 

Acara ini bertujuan untuk: 

  1. Meningkatkan pemahaman tentang koperasi dan distribusinya  di era digitalisasi untuk perekonomian bagi mahasiswa pada umumnya dan bagi pengurus serta anggota KOPMEB pada khususnya. 
  2. Membuat suatu media untuk berbagi informasi tentang koperasi. 
  3. Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Dalam sambutannya, ketua KOPMA FEB UNAIR tahun 2022 Fahmi Ilyas menyampaikan harapannya agar peserta dapat menyimak materi dan bermanfaat kedepannya karena acara ini merupakan acara tahunan sebagai pendidikan perkoperasian guna menambah pengetahuan dan wawasan dalam dunia perkoperasian. 

kolase foto web (2).png

Dalam acara ini, dihadiri oleh tiga pemateri yang luar biasa, diantaranya: 

  • Made Bagus Tutuan Andika Kaya (Duta Universitas Airlangga) 

Materi yang dibawakan oleh beliau adalah Self Management and Leadership dimana saat ini banyak orang terutama mahasiswa mengalami fears of missing out dan akhirnya melakukan hustle culture yang salah satu cirinya bekerja melebihi batas waktu yang dapat dilakukan tubuh. Maka dari itu sangat penting untuk menerapkan work life balance dengan menyeimbangkan peran antara pekerjaan dan kehidupan pribadi serta bagaimana cara melakukan work life balance tersebut. Disamping itu Kak Andika juga menjelaskan mengenai kepemimpinan, jenis kepemimpinan, serta bagaimana kepemimpinan yang etis. 

  • Clariza Maria Tantri (Ketua Divisi Keuangan KOPMEB tahun 2020) 

Kak Clariza membawakan materi mengenai Manajemen Perkoperasian, mulai dari prinsip manajemen perkoperasian, peran dan fungsi pengurus koperasi, peran anggota koperasi, hubungan pengurus dan anggota koperasi, kerjasama antar koperasi. 

Penerapan ilmu manajemen di dalam ruang lingkup koperasi yang mana terdapat orang-orang yang diberi tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan sumber daya koperasi untuk mencapai tujuan koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan bersama berdasarkan nilai dan prinsip-prinsip koperasi.

  • Fahmi Ilyas (Ketua KOPMEB 2022) 

Dalam diksar kopmeb 2022, ketua KOPMEB yaitu Saudara Fahmi Ilyas membawakan materi mengenai Overview dan Pengetahuan KOPMA FEB UNAIR. Mulai dari sejarah KOPMEB dari masa transisi dari KOPMEP menjadi KOPMEB; lalu mengapa KOPMEB didirikan; bagaimana peran KOPMEB dulu, kini, dan nanti bagi mahasiswa dan umum; serta tentang hubungan KOPMEB dengan pihak eksternal yaitu melalui studi banding dan beberapa kerja sama lainnya. 

Setiap setelah pemberian materi, diadakan sesi diskusi dan tanya jawab. Di Tengah acara juga ada sesi ice breaking dengan game yang seru dan berhadiah. Selain itu, pretest dan posttest juga diadakan sebelum dan sesudah pemberian materi dimana peserta mengerjakan soal melalui google form, hal ini bertujuan untuk melihat tolak ukur pengetahuan peserta sebelum dan sesudah mengikuti diksar KOPMA FEB UNAIR tahun 2022. 

Pendidikan dan Latihan Koperasi tentunya diselenggarakan sebagai wujud realisasi SDGs ke-4, Quality Education. Dengan diadakannya Pendidikan dan Latihan Koperasi, pengurus dan anggota mendapatkan kesempatan yang sama tanpa terbatas perbedaan wilayah dalam memperoleh pengetahuan mengenai pengembangan karakter dan koperasi. Bekal pengetahuan tersebut nantinya sangat bermanfaat dalam penerapan di kehidupan nyata. 

 

#KabinetCakrawalaAsa

#KopmaFEBUNAIR2022

#KopmebUnair 

#BravoKopma

#FEBSatu

#AirlanggaHebat

 

Hits 2250