STUDY COOPERATIVE KOPSIS AL-BAROKAH MAN LUMAJANG KE KOPMA FEB UNIVERSITAS AIRLANGGA

 

Desain tanpa judul (62).png

Pada Selasa (26/07/2022) Koperasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga mengadakan Study Cooperative secara offline di aula Miendrowo. Dalam pelaksanaan Study Cooperative ini, dilakukan dengan kunjungan dari Koperasi Siswa Al-Barokah Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Tujuan dari Study Cooperative ini diharapkan mampu terciptanya hubungan baik dan menambah pengetahuan yang bisa diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik bagi kedua bela pihak.

Acara dibuka oleh Khaila Manggarin Dafa dari Kopma FEB Universitas Airlangga yang juga sebagai pembawa acara, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Kopma FEB Universitas Airlangga, yang dilakukan oleh Fahmi Ilyas selaku ketua Kopma FEB Universitas Airlangga dan Muhammad Bilal Asrori selaku pengawas Kopma FEB Universitas Airlangga. Pembukaan tersebut disambut hangat oleh Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang dengan sambutan dari Bu Sucik Isnawati S.Pd selaku Waka Kesiswaan dari MAN Lumajang. 

Setelah sesi sambutan dari kedua belah pihak, kegiatan dilanjutkan sharing dari masing-masing koperasi. Sesi ini diawali dengan pemaparan tentang Kopma FEB Universitas Airlangga yang diwakili oleh Fahmi Ilyas dan Risma Nur Silah selaku ketua dan wakil ketua Kopma FEB Universitas Airlangga. Dalam sesi ini. dipaparkan tentang awal mula berdirinya, struktur organisasi, fungsi pengawas, penjelasan setiap divisi, mega proker dan pengelolaan Kopma FEB Universitas Airlangga. Selanjutnya sesi pemaparan oleh Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang yang diwakili oleh Marelda Syahsiyah Qurratuain selaku ketua Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang. Dalam sesi ini dijelaskan program kerja dan kegiatan Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang dari Diklat, RAT, dan Study Cooperative. 

Seusai sharing dari kedua belah pihak, dibuka sesi tanya jawab, saran dan masukan. Ada beberapa hal yang didiskusikan terkait dengan open recruitment dari Kopma FEB Universitas Airlangga, perbedaan koperasi di tingkat fakultas dan universitas, keanggotaan dan juga kendala yang dialami Kopma FEB Universitas Airlangga, upaya agar koperasi di Indonesia bisa dipertahankan dan tetap eksis di generasi muda yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman, pengenalan koperasi tidak hanya dalam simpan pinjam atau konsumsi tetapi juga dalam lingkup produksi, simpanan wajib dan pokok dari masing-masing koperasi, mekanisme penentuan pengurus divisi dari Kopma FEB Universitas Airlangga dan Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang, serta mekanisme Kopma Week sebagai mega proker Kopma FEB Universitas Airlangga. 

Acara selanjutnya adalah keliling Kopma dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Dimulai di Kopma FEB Universitas Airlangga yang berada di lantai dua Graha Krida Mahasiswa untuk melihat bagaimana mekanisme penjualan dan produk-produk yang ada. Yang dilanjutkan berkeliling area depan FEB Universitas Airlangga untuk berfoto bersama, setelah itu istirahat, sholat, dan makan.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan penutupan dengan penyerahan dan penerimaan cinderamata kepada dan dari Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang. Selain itu masing-masing perwakilan baik dari Kopma FEB Universitas Airlangga maupun dari Kopsis Al-Barokah MAN Lumajang menyampaikan pesan kesan dan ucapan terima kasih untuk satu sama lain. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama. Acara ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi dan saling bertukar ilmu antar kedua koperasi.

 

 

 

Hits 1461